Minggu, 29 Mei 2016

Review Anime Violet Evergarden


Hay........ Selamat datang diblog bangunan kumuh yang baru tahap pembangunan ini. Saya ucapkan terimakasih bagi teman-teman yang mau menyempatkan diri membaca postingan saya yang pertama ini. Jujur saja , ini adalah kali pertama saya terjun dalam dunia bloger blogspot karena sebelumnya saya hanyalah seorang bloger MWB.

Back ti Topic-- Di postingan saya yang pertama ini. Saya ingin mereview sebuah anime masterpiece dari Salah satu studio favorit saya yaitu Kyoto Animation.

Setelah 2 tahun tak ada yang mampu memenangkan Kyoto Animation Award, sebuah penghargaan yang ditujukkan bagi para penulis Light Novel yang berada dibawah naungan KyoAni. tiba-tiba pada tahun 2014 atau saat KyoAni Award ke-5 diadakan. Muncullah LN "Violet Evergarden" yang mampu meraih Grand Prize dari ajang KyoAni Award ini.

Jadi kira-kira bagaimana ya, kehebatan dari LN pertama yang dapat meraih penghargaan dari KyoAni ini. bagi yang penasaran dengan luar biasanya anime ini silahkan dilihat PV-nya dibawah:



Waoooooooo........ my eye's..... my eye's. grafik yang ditampilkan benar-benar luar biasa. Gak taulah berapa budget yang bakal dihabiskan Oleh KyoAni demi merealisasikan Anime yang luar biasa ini.
Hati-hati jangan sampai ketagihan sama musiknya yang benar-benar enak ditelinga. Walaupun hanya berdurasi 47 detik saja tapi sudah tak terhitung lagi berapa kali saya mengulang-ulang lagu ini.

jadi dari pada berpanjang lebar mari kita mulai saja reviewnya.

Sinopsis:

Auto Memories Doll
Nama itu sempat menjadi kehebohan di beberapa waktu silam.
Robot buatan Prof. Orlando yang dapat menulis dan berbicara dengan suara sungguhan.
Pada awalnya beliau hanya membuatnya demi sang istri yang sangat ia cintai,
namun tiba-tiba kabar tentangnya tersebar ke seluruh dunia, dan muncullah masa di mana orang-orang meminta untuk menyewanya.
“Aku dapat melakukan apapun yang diminta pelanggan. Aku adalah Auto Memories Doll Service, Violet Evergarden.”
Begitulah ucapan sang gadis pirang dengan mata biru yang berpenampilan seperti karakter cerita dongeng dengan kecantikan buatan dan suara yang jernih.

Setelah melihat sinopsis diatas mari kita lihat penampakan dari beberapa tokoh yang ada.
Violet Evergarden
Seorang Auto Memory Doll yang bekerja di C-H Mail service. Sang pemilik tidak menyadari bahwa kecantikan yang ia miliki tidak setara dengan kekuatan bertarungnya. Gilbert menemukannya saat masih kecil sehingga dia langsung tergabung sebagai anggota militer sejak kecil.
Hodgins
Pemimpin dari CH Mail Service dan seorang mantan tentara Leidenscaftlich.Dia adalah pelindung Violet. Seorang yang sangat suka berjudi. Walaupun memilki kepribadian yang berbeda, tapi ia sudah berteman cukup lama dengan Gilbert.
Gilbert Bougainvilea
Seorang prajurit Leidenscaftlich yang juga berperan sebagai orang tua bagi Violet saat ia menerima Violet dari kakak tertuanya

Tapi apakah review ini hanya akan berhenti disini saja. Jawabannya tentu........... TIDAK!!!!
Jadi mari kita simak ringlasan dar cerita 'Violet Evergarden' ini.
1.Violet Evergarden berlatar pada realitas alternatif eropa sekitar awa abad ke-20. Cerita ini berfokus di sekitar Auto Memory Dolls;Sebuah bonela yang dibuat oleh seorang ilmuan demi membantu istrinya yang buta dalam menulis novel. Kemudian boneka ini pun disewakan kepada orang lain yang membutuhkan jasa mereka. 
Awalnya, Boneka ini hanyalah sebuah boneka yang menempel pada mesin ketik dan dapat mengkonversi kata/teks menjadi sebuah gerakan dan merespon  sesuatu dengan suara yang dihasilkan.Setelah boneka ini populer, Ada sebuah kelompok yang mendirikan perusahaan yang menyewakan wanita cantik nan berbakat yang dapat melakukan pelayanan yang sama seperti Auto Memory Dolls dan "Hal-hal lain(yang terkait militer).
 Pada awalnya, sang tokoh Oscar berpikir bahwa Violet adalah sebuah robot karena dia merupakan "Auto Memory Dolls" dan tangan robotnya. namun , Oscar sangat terkejut saat mengetahui bahwa Violet adalah seorang manusia walaupun tokoh-tokoh lain sudah mengetahui tentang "Auto Memoriy Dolls"
2. Sebagian besar dari cerita ini dibawakan dengan Format yang Episodik. Dimana Cerita ini akan menunjukkan berbagai kisah Violet dalam mengelilingi eropa saat disewa berbagai pelanggan.
3.Bab pertama berisi tentang penulis novel terkenal yang bernama Oscar. Dengan bakatnya sendiri ia mampu menjadi seorang novelis yang terkenal. Dia sudah menikah dan mempunyai seorang putri dan mereka pun tinggal disebuah rumah yang indah ditengah danau.
Namun sebuah kenyataan tragis menghampiri mereka saat Istri Oscar mengungkapkan bahwa ia menderita sebuah penyakit mematikan dan mengatakan bahwa putrinya juga mewarisi penyakit mematikan itu juga.
Tak lama kemudian Istri Oscar pun meninggal. Oscar pun kini menghabiskan semua uang yang ia miliki demi menyelamatkan putrinya. Namun, Semua usahanya pun sia-sia. Beberapa tahun kemudian putrinya meninggal setelah mengatakan kepada Oscar akan keinginannya setelah keluar dari kamar rumah sakit itu.
Setelah putrinya meninggal hidup Oscar kini menjadi semakin kacau. Ia mulai menjadi pecandu obat-obatan terlarang dan alkohol sampai temannya mengajaknya kembali menjadi seorang penulis lagi.
Oscar akhirnya menjadi lebih tenang dan temannya pun merekomendaikan untu menyewa jasa "Auto Memory Doll". Akhirnya Oscar pun mempekerjakan Violet.
Oscar pun mulai menulis drama tentang kehidupan putrinya jika putrinya tidak meninggal, dan dia menggunakan Violet sebagai model saat menari didepan danau. setelah menulis drama itu, akhirnya Oscar pun dapat merelakan kematian Putrinya itu.
Jika kalian penasaran dengan ceritanya. kalian bisa membaca bab pertamanya disini (Versi bahasa Indonesia masih dalam proses pengerjaan)
4.Tema dan latar yang dibawa cukup beragam. Dari hanya mengambil setting disebuah ruangan sementara yang lain mengambil setting di medan perang dan bahkan ada sebuah kisah cinta yang terjadi di sebuah observarium di puncak gunung.
5. Seorang ibu yang sakit parah bersama putrinya ditinggalkan oleh suaminya yang menyia-nyiakan harta mereka dalam sebuah rumah kosong. Sang ibu ingin menggunakan waktunya yang tersisa untuk menuliskan surat terakhir. Namun , Sang putri merasa bahwa semua kehidupannya terenggut seketika dan mulai membenci Violet.
6. Seorang calon pemain bisbol muda direkrut untuk terjun ke medan perang tapi ia menderita luka yang sangat parah sebelum Violet sempat menyelamatkannya. Sesuai permintaannya sebelum meninggal, ia ingin Violet menuliskan sebuah surat kepada keluarga dan tunangannya.
7. Seorang anak yatim yang lahir dari wanita gipsy menjadi seorang Astologist. Ia memiliki hati yang keras dan seakan tak peduli dengan apapun. Namun , perlahan sifatnya mulai berubah saat ia bertemu dengan Violet.
8. Seorang penjahat perang yang berperang melawan Violet menganggap bahwa mereka adalah jenis orang yang sama. Hanya satu sisi saja yang berbeda pada setiap buku sejarah.
9. Bab terakhir dalam novel ini memakan sekitar sepertiga dari total halaman yang ada. Bab ini berisi tentang masa kecil Violet sampai sebelum bab pertama dimulai. Namun sayangnya belum ada penjelasan tentang asal Violet dan mengapa ia bisa menjadi sangat kuat.
Bab terakhir ini berlangsung pada saat perang dunia pertama. Sebuah badai yang besar menghantam kapal yang dinaiki Violet sehingga hanya Violet muda dan beberapa kru saja yang selamat.
Salah satu pelaut sempat menciba memperkosa Violet. Namun , Violet berhasil membunuh pelaut itu sebelum ia berhasil menyentuh Violet. Akhirnya, Violet membunuh semua pelaut yang kecuali seseorang yang ia biarkan hidup dan orang itu adalah  Kakak Gilbert. Dan untuk beberapa alasan Violet pun mau menuruti perintahnya.
Kakak Gilbert membawa kembali Violet ke daratan. Setelah mendemonstrasikan kehebatan Violet dalam melawan para pejabat militer. Gilbert dan Violet pun ditempatkan pada unit khusus yang dapat memporak-porandakan perang selama hampir 8 tahun dan membuat perang berakhir.
setelah perang berakhir,Gilbert merasa sangat bersalah karena menggunakan Violet sebagai senjata. Ia meyakinkan diri bahwa Violet hanya sebatas alat, namun seiring berjalannya waktu dan melihat pertumbuhan Violet akhirnya Gilbert merasa bahwa ia seperti layaknya seorang Ayah bagi Violet.
Menyadari hal ini membuat Gilbert mengambil sebuah misi bunuh diri. Gilbert mencoba untuk mengambil artileri lawan dan mengarahkannya ke arah medan perang secara langsung. Gilbert memegang pelatuk sendiri sedangkan Violet berhasil menghancurkan artileri musuh dengan tas yang berisi penuh dengan peledak, namun sayangnya tangannya menjadi korban karena ledakan yang terjadi.
Saat Violet kembali, Gilbert sudah mengalami pendarahan yang sangat parah dan pada saat itu pula Gilbert mengakui perasaannya yang merasa menjadi seorang Ayah bagi Violet. Tidak dijelaskan apakah Gilbert meninggal atau tidak , namun setelah perang berakhir Violet menjadi "Auto Memory Doll" dan dilanjutkan ke Bab pertama.

Yahhh...... itulah review acak-acakan dari pemula seperti saya. tapi sayangnya belum dijelaskan apakah seri ini akan dirilis dalam versi TV atau Movie.so, sebagai penonton mari kita menunggu keputusan selanjutnya dari KyoAni.
ANGGAP AJA BONUS.......








Thanks to :
-Allah SWT
-MyAnimeList

6 komentar:

  1. Keren gan. nda sabar nunggu animenya.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. FYI :Untuk eps. 1 sudah diputar di Jepang. Katanya kayak movie gitu dan yang diangkat pada pembahasan saya yang no.1 itu (jadi pengen nonton juga)

      Animenya akan tayang Fall tahun ini XD katanya

      Hapus
    2. http://ren-nz.blogspot.co.id/
      Berkunjung ke sini juga bang....
      Udah mau pindah :v

      Hapus
  2. http://ren-nz.blogspot.co.id/
    Berkunjung ke sini juga bang....
    Udah mau pindah :v

    BalasHapus
  3. Di anime last nya gw heran dia agak kaget saat bertemu pelanggan terakhir apakah pelanggan terakhir ini ...begitu istimewa...org muka violet selalh datar macam boneka koq

    BalasHapus